Featured Post

Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya

Mungkin saja Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya  atau biasa disebut juga Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya hanya diketahui masyara...

Sunday, May 17, 2020

Menanam Kentang Di Dalam Pot Karung dan Polybag

Ingin Menanam Kentang Di Dalam Pot atau bisa juga Menanam Kentang Di Polybag bisa menjadi salah satu pemanfaatan lahan kecil di pekarangan rumah Anda, dimulai dari cara menanam kentang di polybag atau Pot bahkan bisa menanam kentang di karung yang baik untuk dapat menghasilkan umbi yang besar juga banyak.

Hidup di perkotaan banyak yang tak mempunyai lahan luas untuk menanam, akan tetapi mempunyai sedikit lahan masih bisa dimanfaatkan dengan cara menanam kentang di polybag atau menanam kentang di dalam pot yang nantinya hasilnya dapat dimanfaatkan untuk bahan memasak di dapur kita.

Menanam Kentang Di Dalam Pot dan Polybag

menanam kentang di pot
bungaindahmalino.blogspot.com
Lalu bagaimana cara yang baik atau step cara menanam kentang di dalam pot dan polyback yang baik ? mungkin pertanyaan ini adalah salah satu dari sekian banyak pertanyaan yang ada tentang seputar menanam kentang.

Umbi dari tanaman kentang yang digunakan sebagai bahan makanan di berbagai negara dan salah satunya Indonesia banyak dibudidayakan di lahan perkebunan, akan tetapi bukan berarti tak bisa dikembangbiakkan di dalam pot atau polybag. Akan tetapi dalam menanam kentang di dalam pot atau polybag haruslah benar - benar diperhatikan beberapa hal berikut ini :

1. Bibit kentang harus sehat dan bagus
2. Tanah yang subur juga gembur
3. Sistem penanaman harus benar

Perlu diperhatikan hal diatas sebelum memutuskan untuk menanam kentang di lahan sempit seperti di pot dan polybag, lalu bagaimana tentang penjelasan hal diatas. Yuks simak beberapa ulasan berikut :

1. Bibit Kentang
Kentang adalah umbi yang berbentuk tak beraturan dengan ukuran yang berbeda beda pula, terkadang ada yang kecil dan malah ada yang besar diatas ukuran normalnya. Lalu ukuran berapa yang paling bagus dijadikan bibit? supaya menanam kentang di polybag atau di dalam pot bisa sesuai harapan.

Pilihlah ukuran kentang seukuran telur ayam dan berbentuk oval seperti telur juga, jangan yang terlalu besar dan juga jangan yang terlalu kecil. Pastikan sebelum ditanam terlihat tumbuh minimal 2 tunas untuk memastikan bahwa bibit tersebut siap tanam.

2. Tanah Gembur
Tak hanya subur, tanah untuk menanam kentang di polybag atau menanam kentang di pot harus gembur. Sebab jika menggunakan tanah yang gembur pertumbuhan umbi akar yang nantinya akan menjadi kentang akan mudah membesar karena tanahnya yang gembur.

Jika menggunakan tanah yang keras dapat dipastikan pertumbuhan umbi kentang akan susah membesar karena tanah yang keras akan sudah terdorong oleh pertumbuhan umbi kentang tersebut.

3. Sistem Penanaman
Sedikit berbeda dengan tanaman lainnya, karena dalam beberapa minggu akan ada penambahan tanah untuk menutup calon umbi kentang yang akan tumbuh. Selain untuk memudahkan pertumbuhan kentang juga menghindari dari kentang terkena sinar matahari langsung, jika umbi akar terkena sinar matahari langsung akan memperlambat pertumbuhan kentang juga bisa menyebabkan kentang cepat busuk.

0 comments: