Featured Post

Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya

Mungkin saja Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya  atau biasa disebut juga Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya hanya diketahui masyara...

Thursday, April 30, 2020

Fungsi Kondensor AC Mobil

Ketahui apa Fungsi Kondensor AC Mobil apa saja ? dari mulai fungsi kipas kondensor AC Mobil sekaligus fungsi dan cara kerja kondensor ac mobil yang menjadi salah satu perangkat penting untuk bisa bekerjanya sistem pendingin ruangan kabin mobil.

Jika salah satu dari komponen pendingin udara tak bekerja, misalnya fungsi kondensor ac mobil tidak berfungsi atau mungkin fungsi dari kipas kondensor ac mobil tak bekerja sudah jelas ac mobil akan tak dingin lagi dan ruang kabin akan terasa panas meski ac sudah dihidupkan sekalipun.

Fungsi Kondensor AC Mobil

fungsi kondensor ac mobil
https://repairpal.com
Begitu penting fungsi dari kondensor ac mobil ini hingga jangan sampai Anda tak memperdulikannya, lalu apa saja fungsi dari kondensor ac mobil Anda sebagai berikut :

1. Membuang Panas
Pendingin udara terdapat saluran cairan pada pipa kapiler yang disalurkan melalui pipa pada radiator, dan pipa tersebut mempunyai tekanan tinggi dari kompresor yang menyebabkan suhu cairan pada pipa tersebut meningkat (panas).

Dan panas dari cairan dalam kapiler tersebut disalurkan pada perangkat radiator untuk bisa dibuang melalui penampang yaitu sirip dan bantuan kipas atau fan radiator.

2. Menangkap Angin
Saat mobil sedang berjalan secara otomatis akan mendapatkan tekanan angin pada bagian depan, dan penempatan Kondensor kebanyakan pada mobil ditempatkan pada bagian depan kendaraan.

Hal ini bertujuan untuk dapat mengarahkan angin sehingga memaksimalkan fungsi utama Kondensor yaitu membuang panas tanpa adanya bantuan kipas atau fan radiator saat mobil sedang berjalan.

Fungsi Kipas atau Fan Kondensor sendiri dirancang untuk memaksimalkan fungsi dari Kondensor saat kendaraan dalam keadaan diam atau sedang berada pada kemacetan jalan, jadi tak perlu takut AC tidak dingin meski dalam kondisi dalam kemacetan.

Memang dalam penggunaan AC pada mobil akan memperberat kerja mesin dan konsumsi bahan bakar memang akan semakin lebih boros, jadi pengaturan ac untuk level 3 akan semakin boros bahan bakar jika dibandingkan dengan ac dengan pengaturan pada level 2 dan begitu seterusnya. Jadi jika ingin lebih irit bahan bakar, Anda bisa mengurangi pengaturan ac ke level yang lebih rendah atau bisa dengan mematikan penggunaan ac.

Jadi pencemaran udara yaitu zat karbondioksida yang dikeluarkan dari knalpot kendaraan dari hasil pembakaran di dalam mesin, akan lebih banyak pada kendaraan yang menggunakan AC. Dan semakin besar mesin mobil tersebut juga akan menghasilkan zat karbondioksida yang lebih banyak, alangkah baiknya jika kita ikut lebih memperhatikan lingkungan dengan menggunakan ac mobil sesuai dengan kebutuhan.

Semakin banyaknya kendaraan di jalan dan semakin sedikitnya tanaman yang berfungsi menyerap polusi sisa pembakaran dari mesin akan mempercepat efek pemanasan global yang akan meningkatkan suhu udara bumi kita. Ayo kita tetap selalu menjaga bumi kita dengan cara bijak dalam menggunakan ac juga kendaraan.

0 comments: