Featured Post

Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya

Mungkin saja Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya  atau biasa disebut juga Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya hanya diketahui masyara...

Sunday, April 5, 2020

Budidaya Ikan Lele Dan Sayur Di Jeron Green Farm Boyolali

Kami disini mengutip cerita tentang Budidaya Ikan Lele Dan Sayur Di Jeron Green Farm Boyolali dari channel Mewalik Jaya yaitu channel youtube yang menurut kami memang bisa menginspirasi banyak orang untuk tetap semangat dalam mencari rezeki yang salah satunya adalah Budidaya Ikan Lele.

Mungkin penerapan budidaya ikan lele berikut ini akan mudah diaplikasikan dengan harus mempunyai lahan yang cukup meski tak harus lahan yang besar seperti halnya Budidaya Ikan Lele di Boyolali ini, dan bekas air buangan dari budidaya ikan lele ini dijadikan nutrisi untuk tanaman hidroponik yang terlihat adalah tanaman kangkung.

Budidaya Ikan Lele Dan Sayur Di Jeron Green Farm Boyolali

budidaya ikan lele boyolali
Mewalik Jaya
Siapa yang tak menginginkan mempunyai usaha lancar, akan tetapi tak mudah memang untuk dapat memiliki usaha sendiri dan yang juga susah adalah mempertahankan usaha tersebut. Ya tak usah kawatir karena disini mungkin bisa menjadi salah satu semangat usaha nantinya jika Anda berminat untuk menekuni usaha budidaya ikan lele di boyolali seperti berikut.

Tak hanya mempunyai 2 atau 3 kolam saja tetapi Jeron Green Farm mempunyai lebih dari 15 kolam lele yang kesemuanya memang akan diisi lele secara secara keseluruhan meski pengaturan penebaran bibitnya diatur sehingga masa panen lelenya bisa berkesinambungan.

Pemilik usaha budidaya ikan lele jeron green farm yaitu bpk Ketut juga mempunyai gudang pelet atau pakan yang terlihat rapi dengan beberapa tumpukan pakan, untuk pakan sendiri bpk Ketut mempunyai beberapa pakan untuk bibit lele ukuran kecil antara 4 sampai 6 cm yang memang harus disesuaikan dengan ukuran yaitu lebih kecil dan pakan ukuran lebih besar untuk ukuran lele yang sudah besar atau dewasa.

kolam budidaya ikan lele boyolali

Pakan lele tersebut juga tidak langsung diberikan tetapi masih diberikan tambahan Prebiotik dengan cara direndam dahulu sebelumnya, hal ini selain menjadikan pakan lele atau pelet lebih empuk juga tambahan Prebiotik akan membuat penyerapan gizi pakan menjadi lebih baik pada Ikan Lele yang budidayakan.

Pada bagian belakang juga dibuatkan tempat untuk budidaya tanaman Kangkung dengan sistem hidroponik dengan nutrisi dari air buangan dari semua kolam lele tersebut, hal ini memberikan keuntungan karena tak perlu memberikan tambahan pupuk cair buat tanaman yaitu Kangkung dan terlihat tanaman kangkung tumbuh subur.

Sistem hidroponik selain yang mempunyai keuntungan irit lahan, biaya perawatan lebih sedikit, hasil lebih maksimal jika digabungkan dengan budidaya ikan menjadi sistem aquaponik yang akan memberikan keuntungan tidak menambahkan nutrisi untuk tanaman yang dikembangkan.

Sumber : Mewalik Jaya

0 comments: