Featured Post

Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya

Mungkin saja Wisata Kampung Nelayan Kenjeran Surabaya  atau biasa disebut juga Kampung Warna Warni Kenjeran Surabaya hanya diketahui masyara...

Monday, July 8, 2019

Menggunakan Oli SAE 5 - 30 Untuk Mobil Agya

Memilih oli mobil agya 1000 cc yang standard menurut masing - masing orang bisa saja berbeda - beda, ada yang memilih oli dengan merk tertentu atau ada yang memilih oli mobil agya dengan harga yang mahal dengan asumsi oli tersebut pastinya lebih bagus.

Memang pendapat diatas tidaklah salah, hanya memang kriteria setiap orang dalam memilih oli mobil berbeda - beda. Agya adalah mobil jenis lcgc yang mempunyai mesin hampir sama dengan daihatsu ayla, kebutuhan oli mesin untuk mobil ini menurut saya yang lebih encer.

Selama ini saya telah menggunakan oli untuk mobil agya 1.000 cc dengan oli mesin SAE 5W 30 atau biasa disebut SAE 5 - 30. Karena menurut saya dengan menggunakan oli yang lebih encer akan mempermudah dalam oli menjangkau bagian - bagian sempit dalam mesin mobil tersebut.

oli sae 5w 30
https://www.liputan6.com
Selama ini saya mencoba oli Castrol Magnatec Stop-Start SAE 5W 30 mesin lebih enak dan halus, dengan masa pergantian jarak pakai kurang lebih antara 5.000 km sampai 6.000 km. Memang sih harga oli ini lebih mahal, akan tetapi menurut saya sebanding dengan mutunya.

Suara mesin lebih halus sih menurut saya, mungkin jika ada temen - temen yang ada pengalaman tentang penggunakan oli untuk mesin agya 1.000 cc, kendaraan mulai dari baru memang pada waktu awal pergantian saya gunakan oli castrol magnetec start - stop 5W-30.

Fungsi Penting Oli Mesin
Fungsi dari Minyak Pelumas Mesin atau biasa disebut Oli Mesin yang sangat vital bagi mesin menjadikan oli adalah hal tak harus sering di ganti rutin berdasarkan kilometer yang sudah di tempuh kendaraan itu sendiri, dan berikut ini beberapa fungsi dari oli mesin untuk kendaraan

1. Mengurangi Gesekan
Banyak bidang pada mesin kendaraan yang terjadi gesekan setiap mesin dihudupkan mulai piston, silinder, klep, noken, poros engkol dan masih banyak lainnya ini sangat membutuhkan yang namanya pelumas. Pelumas akan membantu mengurangi gesekan pada mesin sehingga bidang yang bergesekan tersebut tetap bisa bergesekan tanpa gangguan.

2. Pendingin Mesin
Tak hanya berfungsi untuk melumasi antar logam tetapi panas mesin yang tinggi dapat berkurang dengan adanya pelumas, oli mesin yang bekerja melumasi banyak bagian akan menyerap banyak panas yang akan menyalur ke saluran pendingin dan juga pendingin.

3. Mengurangi Benturan
Logam yang bergesekan juga akan berbenturan yang mengakibatkan keausan antar logam, dengan adanya oli mesin benturan antar logam tersebut akan jauh berkurang sehingga tingkat kerusakan akan semakin lebih kecil.

0 comments: